Bangkok – 109

Never had I thought that I will have one chapter in my life written in Bangkok starting last end of March 2018. 

At this very moment, I’m one of the 9,79 million population in Bangkok.  Glad to be here!

To start, people here are very nice and polite. Perhaps you ever witnessed unpleasant experience during your visit here. Me also. However, I have more nice than bad things here when it comes to meeting people, so here comes this post.

Once I went to a night market with my friend. It was a market where the tenant staff will stop by your desk to offer foods and drinks. I then ordered a bottle of beer. I didn’t have any penny left so I gave a money which was closed to the beer price. Let say it was 75 Baht and I gave the guy 100. When he got my money, he tried to say something in Thai, which of course I couldn’t understand. 5 minutes went by, he had not come back. Another 5 minutes, no clue. I forgot his face because it was quite dark. I told my friend, “I’m not sure he’s coming back with the return“.

10 minutes after, they guy came back with my return without taking not any penny.

Oh. I felt so guilty.

Wholehearted Workers

I have a strong sense that Thai people are very genuine when doing something, especially for the service-related. This thought comes a lot when I am in a public place and see how local people are interacting one to another. (This is also why I always love taking a public transportation in another country such as subway, train, bus, tuk tuk, boat, just any kind of vehicles. I love seeing and being around the local people because you could see many surprisingly nice things.)

Last week I took a bus for quite a distance. It was about 10 km from my place, Ekkamai, to Bangkok Chinatown area, Yaowarat Road. This must be weird, but I’m always awed with the bus helpers in Thai public transportation. They are the one who collects your money for the bus ticket. They have this special skills with the steel tube and cutter in the middle to cut the ticket or to fold the money. Some of them could do it very quick (I tried to find that steel tube in Google, but hasn’t found it yet). I feel like watching a show in a mini stage, called bus. 

Back to the the bus story.

It was around 6.30 pm. The bus helper was a mid 40s man wearing glasses and jacket. He was in a full uniform and still looked so tidy at that hour. And so did the driver.

This wasn’t the first time I saw the driver and his helper dressed up so formal in the public bus. Thai bus operates until 7.30 pm. The fact that perhaps driver and helper have worked for over 6-8 hours and keep the look clean impressed me in a way.

Despite from the governmental rule, for me, this show how people here appreciate their jobs and people they meet. High respect to the bus driver, bus helper, parking man, security, shop staffs, for doing his job very thoughtfully to everyone.

Also, if you happened to visit one of the biggest supermarket chain here named Big-C, you’ll find a middle age man or woman greet you on your way in or out while folding their hand in front of their chest, while saying Ka pun ka / khap. Don’t forget to reply them back in a smile.

Kindhearted People

One morning I saw a motorcycle taxi driver (or “ojek” in Bahasa) suddenly stepped down his motorbike during the red light to help a car that was about to turn to a forbidden roadway. Fortunately it was a huge morning traffic so I was able to see how this scene ends.Image result for bangkok motorbike driverSource: Bangkok Post

With still his helmed and vast on,  this driver guided the car slowly, while asking other cars and bikes from other sides to stop.  Once the car found his way, (I thought the motorbike driver would intend to stay closed by the driver side to ask for a money, but he didn’t at all), he stood in the opposite side of the driver so the car could just move right away. After that, he went back to his motorbike. Traffic light turned green, driver rode his bike away, street went back to normal. No crazy horn, no people shouted, no complains.

Again, I’m awed. And felt a second guilty for wrongly judging a personIMG_5347.jpg

This post is dedicated to mark my 109th days in Bangkok.

Advertisements

Because We Are So Tiny

After living in a very diverse place for a while, few things come clear to me recently…

  • Our world is super BIG and we’re just this tiny little micro piece that flies around the air.
  • Again, because our world is super BIG, you can’t say yourself as the one who know everything because those references you had in mind are smaller than the smallest dot you’ve seen. Thus, you’re just not that… knowing everything.
  • Bule isn’t always that cool.
  • And Asian isn’t always that clumsy. :).
  • Women equality is truly exist thus we (women) worth the same respect as what men get.
  • Some guys think that they are super handsome so they have this gigantic confidence to call every woman passes by.
  • Asia is one of the most favorite places in the world for those real travellers. I know you know why…
  • Walking alone, not talking to anyone, but just listening and seeing people, are such a precious moment when you are in a crowded place.
  • Many people around us are struggling so effing hard to survive. So, respect what you have and be respectful to others. Always.
  • Universe do conspire to what you have, who you meet, where you go, and really just every second you have in life. My most basic live rule applies well: be nice and you’ll get the nice one.
  • Ever feel like you have the worst life in this entire earth? Take a deep breath. Somehow, some people, or many people out there are feeling the same thing you do and good news is… they survive. And so will you.
  • Whenever you feel angry, bite yourself hard. Don’t scold or shout. Other’s life are messing up too. Solve yours. Give them space to solve theirs.
  • Time is precious. Live it right. So right.
  • You see people beside you listening to their headset, playing around their phone, reading a book? Then you’re wondering if they are happy? You know what. They are thinking a lot while doing what you’re seeing. They are just like you, like me. They have their own life they’re worried of, caring a lot and they’re doing way to escape that for a moment. Or yeah maybe you’re right. They’re just enjoying their Instagram feed, the new book somebody just gave them, or the Coldplay music.
  • So, don’t judge.

Have a great week ahead!

IMG_5140

Bangkok, 1 April 2018

19 Maret 2018

Starting a new path in life at the edge of 29 can be good and bad things. This depends on who you are and what goals you’d like to achieve in life.

29 sudah terlalu tua… 

I’m living in a society where people take 29 as a VERY mature age (alias tua bingits!). Lingkungan ini melihat dua sembilan bukan sebuah angka yang harus dilalui dengan penuh ‘hura-hura’ (baca: mengejar karir, menjalani hobi, mengambil kuliah S2, dan sejenisnya). Apa yang patut dilakukan mereka yang berusia demikian? Settling down, tapaki tahap “selesai” dengan urusan karir, lupakan segala yang bersifat untuk kesenangan semata dan fokuskan kehidupan pada… jodoh.

29-lah waktunya berbuat!

Di saat yang sama, saya juga berada di lingkungan yang dengan penuh keyakinan bahwa inilah waktu paling tepat untuk melakukan segalanya. Satu tahun sebelum 30. Satu tahun sebelum semuanya menjadi semakin serius dan berat. Satu tahun sebelum menapaki kepala tiga. Usia matang-matangnya seseorang dengan karir. Usia untuk menentukan mana jodoh yang harus dipertahankan dan mana yang harus dilepas.

29 versi saya

Adalah: waktunya untuk memanfaatkan segala waktu, kesempatan, keinginan, semangat, dan tenaga dengan maksimal. Iyes, lebih baik detik-detik menuju 30 ini diukir dengan sesuatu yang akan bernilai untuk saya. Sekalipun babak belur sana sini, versi saya menyebut fase ini harus dijalani dengan sungguh sangat baik.

Atas nama itu, saya pun tiba-tiba udah nggak di Jakarta aja. Tadi sore dalam perjalanan pulang dari kantor, tiba-tiba saya dan teman berucap, “Eh udah di Bangkok aja nih kita!” 

Banyak ucapan doa, selamat, turut bahagia, hingga kaget, yang datang dari teman-teman sekitar. Ada juga yang bereaksi biasa saya karena merasa “29 sudah terlalu tua untuk urusan begituan. Mendingan yang pasti-pasti aja.”

Untuk mereka yang memberikan guyuran doa dan kangen pada saya, saya senang sekali. Semua lontaran dan respon yang kalian berikan menjadi asupan energi positif setiap kali saya memikirkan daftar demi daftar hal yang perlu diselesaikan selama masa tugas ini. Sekaligus juga asupan energi untuk menetralisir kenegatifan yang muncul juga akibat hal ini.

Untuk yang terlalu kangen dan berharap saya tidak kemana-mana, maaf. 29 adalah waktu untuk berbuat. Waktu dimana fisik dan mental saya berada dalam kondisi paling prima. Waktu dimana segala sesuatu wajib dilakukan dengan baik agar tidak meninggalkan sesal di masa depan. Waktu untuk memilih apa yang bisa saya lakukan dan perbuat untuk hidup saya, tanpa merugikan siapa-siapa.  Waktu untuk bertindak sedikit melewati pakem yang ada, demi mengukir 29 yang lebih baik.

IMG_4752.jpg

Bangkok, 20 Maret 2018

Bangkok, we’re going to nail you!

Masih di Angan-angan

angan-angan1 pikiran; ingatan: ~ nya ke mana-mana2 cita-cita: ~ nya menjadi dokter3 maksud; niat: sedikit pun tidak ada ~ ku menghinakan beliau4 gambaran dalam ingatan; harapan sendiri dalam ingatan; khayal: kesusastraan itu berisikan kehidupan nyata, bukan ~ belaka5 proses berpikir yang dipengaruhi oleh harapan-harapan terhadap kenyataan yang logis;~ menerawang langit, pb mencita-citakan segala sesuatu yang tinggi-tinggi; ~mengikat tubuh, pb bersusah hati karena memikirkan yang bukan-bukan;

berangan-angan/ber·a·ngan-a·ngan/v1 mempunyai angan-angan (cita-cita, ingatan): boleh ~ asal jangan terlampau tinggi2 mengangan; mengangan-angan; 3 berniat; bermaksud: tiada ia ~ hendak membalas dendam;

“Masih untung elu lah, Vin. Punya gue, semua masih di angan-angan” ~ terima kasih untuk teman yang pesannya sekarang dikutip tanpa ijin oleh saya. 

Untuk saya dan teman-teman seumuran atau yang malah di bawah saya, topik hangat yang sedang (dan sepertinya selalu) dibincangkan adalah karir dan jodoh. Tak peduli cowok atau cewek, dua bahasan ini yang paling seru dan bisa menyita waktu berjam-jam. Yang kurang beruntung di kedua urusan ini akan menempatkan kebahagiaan berkat karir dan jodoh masih sekedar angan-angan ~ pikiran, harapan, cita-cita, kata KBBI.

Jibaku dengan angan bermacam-macam kisahnya. Ada yang berdebat tanpa henti dengan orang lain dan diri sendiri tentang “apa ini pantas diperjuangkan? Kalau akan terus menjadi angan-angan, apa gunanya terus dipikirkan?”. Kedua, mereka yang mencari akal untuk meyakinkan dan membuktikan bahwa angan bukan sekedar uap yang lenyap seketika karena terbawa angin. Ia bertahan dan akan berwujud nyata jika terus dibentuk dan diperjuangkan. Ketiga, tipe yang meratapi angan dalam diam. Berharap ia akan berubah bentuk secara otomatis menjadi kenyataan tanpa perlu usaha. Yang ketiga mungkin penganut “jodoh dan rejeki akan datang tanpa perlu dikejar”.

Sosok keempat adalah mereka yang diberikan kebebasan untuk berangan-angan. Kepada mereka, hak untuk menghayati, memikirkan, serta mengejar angannya didapat dengan penuh. Sejauh percaya pada angannya, sejauh itu pula ia bisa melakukan apa saja. Sejauh angannya tidak dibunuh dengan kejam, setinggi itu pula keberaniannya untuk menapaki perjalanan mewujudkan angan-angan. Kalapun bukan didapat, sosok keempat ini berani memperjuangkannya.

Perjalanan bersama angan tidak pernah mudah. Kadang percaya, kadang tidak, tak jarang malah hendak putus asa. Di fase ini, kita mulai mempertanyakan kapan fase ini  berakhir atau harus diakhiri. Apalagi, ketika perlahan dirinya sadar bahwa usaha selama ini tidak berbuah atau bahkan tampak semakin buram.

Ada yang dari luar terlihat sangat bahagia karena memiliki apa yang semua orang idamkan, namun nyatanya tidak diinginkan oleh dirinya sendiri. Angannya yang lain jauh terpendam di dalam sana, tak terlihat namun terasa, tidak pernah terucap namun terus memberontak di kepala.

Satunya lagi adalah pahlawan pembela angan-angan yang telah sukses membuktikan pada semua orang bahwa angannya yang ‘remeh’ itu bisa terwujud menjadi sesuatu yang besar. Ia adalah representasi dari sosok yang menjadi pahlawan karena keberaniannya. Kalau boleh berangan saat ini, saya ingin menjadi dia.

Tapi, dengan semua perdebatan tentang angan, saya kok semakin percaya bahwa semua orang wajib berangan-angan? Angan yang membuat kita tahu ke mana harus melangkah. Angan yang membuat kita bangkit lagi ketika terjatuh. Angan yang membuat kita bertahan dari besarnya hempasan.

Ibarat angin yang menggerakkan daun, angan juga menghidupkan kita. Jika sesekali kita bergerak ke arah yang salah, atau malah kehilangan jejak harus berjalan ke mana karena setengah mati mengejar si angan, yakinkan saja bahwa selagi kita masih bisa bernyawa dan bernafas, masih ada waktu untuk mewujudkan angan menjadi nyata.

Selamat berakhir pekan.


8 Hari Pertama 2018

Image

Gimana 2018-nya? Udah delapan hari? Baik? Biasa aja? Kurang baik? 

  • Salah satu teman masih berjuang untuk memastikan tahun ini akan berjalan baik, terlepas dari perasaan belum mengejar apa-apa di tahun sebelumnya.
  • Kerabat dekat baru saja kehilangan ayahnya di awal tahun.
  • Teman dekat merasa perkembangan di hidupnya bahkan sudah ‘berhenti’ sejak dua tahun silam.
  • Ada juga yang merasa tahun baru ini bukan sesuatu yang ‘wow’ untuk dirayakan dan diresapi dengan berbagai optimisme dan harapan baru untuk sesuatu yang lebih baik. Karena toh tahun baru ya seperti hari-hari lainnya saja.

Berbeda dengan keempatnya, saya adalah bagian dari mereka yang meyakini bahwa awal tahun layaknya awal buku baru. Putih bersih polos yang pantas ditulis dan diawali dengan hal baik. Agaknya, kalau dimulai dengan baik, (diharapkan) bisa diikuti dengan hal yang baik-baik juga.

Tapi di hari kedelapan ini, saya belum merasakan sesuatu yang membuat saya betul-betul ‘huah’ untuk tahun ini. Beruntung saja saya dikelilingi dengan komunitas dan kawan-kawan baik yang menjadikan saya mempunyai tempat berbagi, yang mengkondisikan saya untuk bisa merencanakan hal-hal yang baik di bulan-bulan berikutnya untuk tahun 2018. Paling enggak, saya ‘dipaksa’ untuk bisa positif.

Saya harap energi ini bisa saya bagikan ke orang-orang terdekat. Memang mempertahankan diri untuk bisa positif 100% itu susah setengah mati. Bisa 60% saja sudah cukup sih. Syukur-syukur 60% yang stabil,

Maka dari itu, mari kita coba dan berusaha bersama-sama agar bisa menjalani 60% hari dengan positif.

Kalau sesekali terjerembap ke yang tidak positif yang terkadang memang susah ditolak dan dielakkan, hmm, bertahan saja. Pegangan saja sekuat-kuatnya dengan apapun yang ada di sekeliling. Mudah-mudahan si jelek-jelek tadi bisa segera lewat dan menjauh.

Selamat Senin, kawan!