Gallery

Power Pose

Kerja

Sebagai manusia yang aktivitas 2/3 hidupnya adalah bekerja, sepertinya urusan satu ini perlu diperlakukan dengan baik dan benar. Sampai saat ini, saya sedikit bersyukur karena masih mampu memulai hari Senin tanpa pikiran “I hate Monday” seperti (katanya) orang kebanyakan. Sebab, saya yakin, sungguhlah sulit bagi mereka yang kerap berpikir hal demikian setiap awal pekan dimulai. Sekali lagi, untuk ini saya bersyukur atas pekerjaan yang saya sekarang karena belum membuat saya merasakan ‘benci’ di pagi buta awal minggu.

Nah, apa lagi cara lain supaya 2/3 hidup kita ini bisa berjalan sedikit lebih benar?

Fake it ’til you make

Ada yang udah pernah nonton Ted Talks edisi ini? Ceritanya tentang bagaimana gerakan tubuh bisa mempengaruhi pikiran dan kehidupan kita.

Dalam video 21 menit ini, Amy Cuddy (pembicara) menekankan bahwa dengan melakukan power pose selama 2 menit sehari selama beberapa waktu, seseorang bisa lebih percaya diri, lebih yakin, lebih berani, dan lebih positif. Gimana ceritanya bisa begitu?

Secara sains, impact dari melakukan pose secara rutin akan mempengaruhi hormon, yakni : hormon testosteron (trigger untuk rasa percaya diri) akan meningkat, dan sebaliknya  hormon kortisol atau penghasil stress / kecemasan akan menurun. Jika ditarik ke skala yang lebih besar dan waktu yang lebih panjang, berpikiran positif akan mengubah keseluruhan hidup kita menjadi lebih positif.

Di balik power pose, kata Amy, ada mantra fake it ’til you make it. Alias, pura-pura aja sampe jadi beneran. Dalam konteks ini, Amy mengatakan bahwa seseorang yang sedang dilanda ketidakyakinan boleh berpura-pura menjadi seorang yang yakin, percaya diri, berani, dan memiliki sifat positif lainnya. Hasilnya, jika dibiasakan, alam bawah sadar akan membentuk pikiran itu dalam perilaku kita, sehingga suatu hari kita betul-betul menjadi seperti sosok yang diinginkan.

Apa poinnya? 

Poinnya, memang benar bahwa apa yang dipikir mempengaruhi sikap, tindakan, dan hidup. Memikirkan bahwa kita galau betulan akan membuat kita galau (sepertinya saya sudah pernah menuliskan ini sebelumnya), memikirkan bahwa kita kurang PD akan membuat kita betul-betul terlihat sangat kurang PD. Sebaliknya, memikirkan bahwa kita bahagia bisa membuat kita bahagia, berpikir bahwa kita menarik akan membuat kita menjadi menarik di mata orang lain. Bagi yang bekerja, mulai sedikit berpura-pura menerima bahwa Senin akan menyenangkan, bisa jadi akan mendapatkan awal pekan yang membuat kita dengan relanya berkata : “I love Monday”.

Tentu saja, lagi-lagi, gampang dikatakan belum tentu gampang dilakukan. But for this particular case, sepertinya bisa jadi melakukan lebih gampang daripada mengatakan. Lakukan saja detik ini juga, untuk berpikir bahwa kita baik. Niscaya, mudah-mudahan, siapa tau, hati, jiwa, dan raga bisa jadi lebih baik (tentu saja sembari memperbaiki dan mencari apa yang membuat tidak baik dong).

**

Power pose adalah beberapa pose yang makhluk hidup khususnya manusia dan binatang lakukan, ketika merasa bahagia, bangga, atau kuat, misalnya saat memenangkan kejuaraan. Pada dasarnya, praktek untuk melakukan power pose juga bisa dilakukan di mana saja; di balik toilet, di kamar mandi, di balik ruang meeting sebelum orang-orang berdatangan, sebelum wawancara penting, dan sebagainya. 

confident-woman.jpg

Nggak susah sepertinya, kan? Coba yuk!

Hasil riset Amy juga bisa dibaca di artikel Business Insider. Ada transkrip videonya juga di bagian bawah video di atas tadi, atau di sini.

 

Advertisements

2 thoughts on “Power Pose

  1. Ini approach yang bagus untuk awal minggu 🙂 Aku juga bukan orang yang benci hari Senin Vin, walau kadang kalo weekend sebelumnya sibuk susah bangun Senin paginya ha…ha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s