Pagi Ini (Jilid 2)

Jilid satunya di sini

Untuk mengusir rasa ngantuk pas naik ojek, saya suka ngobrol dengan si abang ojek. Yang paling sering saya tanyakan sih seputar kerjaan, berapa lama jadi ojek, atau berapa order yang diterima per hari. Cerita mereka unik-unik, lumayan bikin saya yang suka ketiduran di atas motor ini, melek.

Pernah satu kali, ada abang ojek yang pernah kerja di kargo pesawat Garuda. Saya lupa kerjaan rincinya apa. Cuma, berhubung tempat kerja abang itu di Cengkareng dan rumahnya jauh sekali dari bandara, si abang pun berhenti kerja, dan beralih menjadi supir ojek.

Empat bulan lalu, saya ketemu abang ojek yang lulusan IT. Pekerjaan si abang adalah sebagai teknisi di toko komputer daerah Harco. Ojek ini kerja sampingannya. Saat itu, abang ojek lagi ngambil ijin seminggu karena waktu itu perusahaan ojek tempat dia bekerja akan menerapkan kebijakan baru bagi setiap supir ojek dimana ojek harus fulltime, nggak boleh parttime lagi. Jadi, 1 minggu itu masa tesnya dia. Kalau oke, si abang pindah kerja dari teknisi jadi tukang ojek. Emangnya gaji di ojek lebih gede daripada jadi teknisi, Pak? “Iya, Mbak. Makanya mendingan ojek aja”. 

Tadi pagi, abang ojek yang saya dapat mengantar saya dengan rute yang tidak biasa saya lewati. Keliatan kalau si abang ini menguasai banget rute yang dilewati. “Saya orang jalanan, Mbak”, kata abang waktu saya tanya kok tahu banget jalanan. Ternyata, abang kerja di perusahaan periklanan sebagai pemasang baliho dan umbul-umbul yang sering kita lihat di jalan. Abang cerita sambil nunjuk baliho besar yang terpasang diperempatan. “Manjat-manjat dong, Pak?”. Saya penasaran. “Iya”. Saya sih langsung bayangin aksi heroik si abang waktu manjat-manjat pasang baliho setinggi belasan meter itu.

sepatu-safety-11.jpg
Begini sepatu yang dipake si abang

Selain cerita kerjaan, saya pernah juga dapat abang ojek yang bawa motor RX King yang begitu kinclong. Meskipun malem, kelihatan banget kalau motor si abang ini sangat terawat. Cerita punya cerita, motor abang ini udah dari tahun 90-an dan memang dijaga dengan baik. “Pernah ada yang nawar 15 juta tapi saya nggak mau lepas”.

Tadi malam, saya naik ojek setelah hujan reda. Saya bilang ke si abang, “Untung udah reda ya, Pak”. Si abang menjawab, “Iya, Mbak. Jangan hujan. Kalau hujan, nanti ojeknya nggak dapat order. Penumpang juga kasian, kehujanan”. 

Tuh baik ‘kan, si abang ojek? Coba deh ajak ngobrol juga kalau jalanan pas lagi senggang atau lancar. Jangan pas lagi macet-macetnya. Nanti si abang nggak konsen.  =)

***

Cheers to a new year and another chance for us to get it right – Oprah Winfrey

Selamat Tahun Baru!

3 Comments Add yours

  1. nyonyasepatu says:

    Semua punya cerita menarik ya

  2. cerita4musim says:

    sama kayak supir taksi ya, ada aja cerita kerjaan mereka sebelum jadi supir taksi :)

    1. vinnydubidu says:

      bener, Mba. kadang keasikan ngobrol, nggak kerasa udah nyampe tempat tujuan :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s