childhood memories (MEMO untuk sahabat)

simply words by words to recall every single thing I did in my life…

friends remains nothing but love

brother remains nothing but undefined love

parents remains nothing but unbreakable love

Masa 1994 – 2000 (SD)

  • Paling senang kalau udah mau tanggal 18 oktober (my day!). ritual wajib :
  1. foto di FOTO STUDIO,
    mulai dari gaya peri, dinasti cina, pakai seragam SD, bahkan kostum ala pemain teater broadway (bulu2 di leher). Namanya : foto GLAMOUR. Terakhir itu gue inget foto pake atasan ungu (a kind of korset), dikalungi bulu2 ungu di leher, topi pelukis miring ungu, dan sarung tangan jaring2 putih. Pose : tangan kiri terlipat di meja, telunjuk kanan mengarah ke dagu, wajah agak miring ke kanan. JEPRET!
  2. Telur rebus warna merah.
  3. Kue ulang tahun. Tiup lilin.
  4. Kadang ada balon. Tapi gue yang tiup sendiri.
  • Hari imlek pertama, pakai baju baru yang SAMA PERSIS dengan tetangga gue. Model kemeja tidak berlengan warna coklat. Celana selutut. Nuansa etnik2 gitu. Tepian bajunya agak sobek2 kaya’ model jeans belel jaman sekarang. Aneh banget bisa sama persis.
  • Senang mandi bareng papa.
    Waktu itu rumah gue deket sungai Kapuas. Jadi airnya (kalo nggak salah inget) masih warna2 coklat gitu. Tapi udah disaring2. Dulu itu susah banget dapet air warna bening kaya’ sekarang. Kaya’nya mahal banget. Mungkin karena malas mandi, jadi bokap suka ngajakin gue mandi karena tau gue senang mandi bareng dia. Waktu itu tinggi gue mungkin sedikit di atas pinggangnya. Hehe.
  • Senang banget waktu dapet jaket bahan parasut yang dibeli kakak di pesawat Merpati saat pulang ke Pontianak.
    modelnya yang bisa dilipet2 terus dimasukin di kantong bagian belakang jaket, terus jadi tas deh. Tau kan? Saking senengnya gue pake terus sampe nggak muat. Huaha.
  • Suka makan wong coco sama agar2 yang ada nata de coco. Apa namanya yah??? Aduhh lupaaa….. Kakak gue paling kecil udah tau. Jadi, setiap kali dia pulang dari kerja di luar kota, gue pasti diajak jalan ke supermarket, terus dibeliin itu.
  • Pernah dibeliin baju chong-sam (tau nggak? Ya semacam baju model dinasti jaman dulu) dari china yang betul2 tebal. Namun karena berasa kece dapat barang dari luar negeri, tetap aja gue paksa pakai. Walhasil, keringetan setengah mati begitu selesai dipake!
  • Suka makan bubur campur gula. (sekarang gue heran kenapa gue bisa berasa itu makanan enak waktu dulu. Penasaran rasanya? Silakan dicoba! Haha)
  • Teman gue waktu itu tu anak cowok kecil, yang agak hiperaktif. Jadi gue kelas 5 sd, mungkin dia baru 5 atau 6 tahun. Tapi gue seneng main sama dia. Dan karena ke-hiperaktif-annya, lebih dari 5 kali dalam sebulan kacamata gue dipecahin dia. Sampai dimarahin terus ama bonyok.. hoho.
  • Suka nari di sekolah.
  • Jadi anggota paduan suara di gereja.
  • Berasa bangga abissss tiap kali disuruh absen temen : tepuk meja untuk memberi ucapan “SELAMAT PAGI PAK”, atau “TERIMA KASIH PAK” seusai kelas, nulis di papan tulis. (yang masih pakai kapur putih!)
  • Oh iya! Gue sering dipukul bokap pake ikat pinggang. Soalnya kurang ajar. Suka membantah. Suka memaksa. Kalau nggak dikasih ini, langsung ngambek. Abis dipukul nangis deh di tempat tidur, sampe ketiduran. Maafkan aku papa dan mama. L
  • Selalu jadi ketua kalau ada acara2 kelompok2an di vihara. Soalnya badan gue kan paling besar!

Masa 2000 – 2006 (SMP)

  • Pindah rumah yang agak jauh dari perkotaan. Akibatnya, nggak bisa kemana2.
  • Percaya nggak? Pertama kalinya gue punya telepon. Nah waktu itu karena rumahnya belum selesai 100%, jadi listriknya juga belum dipasang semua. Sebagian rumah cuma pake lilin. Dan gue dan nyokap begitu terpana melihat telepon apalagi kalau teleponnya bunyi. Haha…..
  • karena begitu tersihir dengan benda bernama TELEPON, kalau tu barang bunyi, gue ama nyokap suka rebutan menjawab telepon. Jadi gue kerjain aja deh nyokap, pake hp kakak, gue telepon ke rumah. Nyokap pun langsung tergesa2 menuju ke telepon (mau lagi masak kek, di kamar kek, di loteng, langsung dijabanin teleponnya). Begitu nyokap angkat teleponnya, langsung deh gue matiin. Mama mama.. haha
  • pertama kali naik motor ke sekolah langsung berasa cantik banget (padahal nggak ada hubungan ya? Haha)
  • HP nokia 3315 hilang 2 kali dalam waktu kurang dari 6 bulan. Sedih sekali. Soalnya kena marah.
  • kalau ke vihara ampe malam, dijemput ama bokap atau kakak. Kalau urusan belom kelar, jadi bête deh karena mereka datang keawalan.
  • Suka main DDR bersama YULIATY LAWANDRA! Dance dance  REVOLUTION!
  • Sempat masuk ke kelas orang2 pintar. 3F sih kalo nggak salah. SMP. Bangga bangga pusing.
  • Jadi penyiar, dibanggakan dimana2. Oleh bokap. Nyokap. Pak guru. Bu guru. Teman. Kasir di minimarket dekat rumah. Tetangga. Ampe gue malu.
  • Suka bolos siaran pake alasan “mau les, mbak..”. padahal, jalan2 ke mol ama temen. Hehe.
  • Gaji siaran bulan pertama = RP 19,500. (lupa2 inget sih. Pokoknya less than 30,000. Dan waktu itu gue seneng bukan main. You’ve got yourself so great when you receive your own money for what you’ve done. Langsung gue traktir temen gue makan bakso.
  • Siaran perdana sendiri judulnya : KONTAK PRIMADONA.

“dari dindi Smansa untuk anak2 Bogel, salamnya ‘use kau belagak. Kapan kite jalan2 agik?. Untuk mbak vinny, moga makin cantik aja”

(ou gosh! I miss that time soo much!)

  • Menghadapi kehidupan percintaan yang agak rumit-rumit berhadiah. Haha. So high school!
  • Lagu favorit : UNGU – LAGUKU. Lagu barat favorit : M2M, westlife, backstreet boys.
  • TEMPAT MAKAN FAVORIT : SEHATI! Warung makanan vegetarian. Gila! Enak banget itu yam-kuetiaunya….
  • Suka mejeng di mol matahari. Jalan2 di matahari. Bareng LAURENSIA YONIA.
  • Berteman baik dengan FRANSISCA INDRIHARYANTI, LAURENSIA YONIA, dan MARIA AGUSTINA. (bunchy miss for you third guys…..)
  • Les mandarin 3 bulan. Tidak ada yang tertinggal di otak. SAMA SEKALI. Kecuali, sosis goring di depan tempat kursus enak banget.

Masa 2006 – 2009 (kuliah Surabaya dan Jakarta)

  • Mulai berkenalan dengan kehidupan bebas. bebas tidur jam berapapun. Bebas kemana2 jam berapapun. Bebas makan apapun. Bebas hidup sendiri jadi ANAK KOS.
  • Infeksi kaki waktu pindah Surabaya. Hanya dirawat oleh Yuli dan Pak Gede. Padahal harus ikut orientasi mahasiswa baru seminggu.
  • Makan super hemat. Nasi dan kuah padang plus es teh manis.
  • Nangis bergantian dengan yuli 3 – 5 bulan pertama.
  • Foto2 di lantai kos paling atas dengan Devi yang baru punya kamera SLR. (pertama kali nyentuh kamera SLR kayaknya)
  • Terpana dengan kampus Universitas Kristen Petra yang begitu besar.
  • Berkenalan dengan Indah Yuniastri, Anna Barendsen, Maria Yohana Halim, Reza Paul Pitoy, Linda Tumewu, dan Wempy Sie.
  • Nangis2 waktu mau pisah kamar dengan Yuli. Berantem. Bukan sedih. Haha. (still be one of my sweet memories, yul)
  • Masa2 sulit pindah ke kota Jakarta.
  • Waktu 1 bulan sudah cukup buat menikmati kehidupan di kota metropolitan yang satu ini.
  • Mulai terjebak dalam kehidupan yang lebih kelam (deileh gayanye). Tapi untung semakin dekat dengan vihara. Jadi melenceng dikit bisa langsung sadar.
  • Jackpot parah gara2 ramuan minuman si arab sinting! se
  • Berteman dengan Diana Mandasari, Andriani, Shelly, semua teman BDI yang semakin lama semakin dekat. Berteman dengan teman-teman kampus Stephanie Tampubolon, Andy William, Darrylwezy, Arno Michael, Deya Ayunda, Serra Serra, Ferdhy Sulaeman, Loeloe, bacul, dan semuanya. you make my life!

Emang lagi banyak tugas.

Emang lagi nggak ada waktu istirahat.

Emang lagi mumet dengan deadline.

Tapi, bikin tulisan beginian bener2 bikin senang.

Serasa kembali ke masa muda (you may say that I’m 21 old girl)

Serasa menginjak kembali ke rumah ayahbunda

Serasa menghirup kembali udara kota Surabaya

Dan semakin menikmati kehidupan di Jakarta


12.07am

brothers remains nothing but undifining love


Leave a comment